KUNJUNGAN OLEH PEMDA PACITAN DI KALURAHAN SRIHARJO

Heri Purwantara 17 Oktober 2024 07:30:39 WIB

Sriharjo - Kamis (10/10/2024) Kalurahan Sriharjo, Kabupaten Bantul, menerima kunjungan dari Pemda Pacitan, Jawa Timur. Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari implementasi aplikasi Sidamesra (Sistem Informasi Data Menuju Sejahtera), sebuah platform yang mengelola data kesejahteraan sosial di tingkat desa. Aplikasi ini digunakan untuk mengumpulkan dan merangkum data kemiskinan, yang disebut dengan indikator kesejahteraan sosial, guna memudahkan proses pemetaan dan penanggulangan masalah sosial di kalurahan.

Titik Istiyawatun Khasanah selaku Lurah Kalurahan Sriharjo, menjelaskan bahwa teman-teman dari Pacitan datang untuk melihat bagaimana aplikasi ini diimplementasikan di lapangan. Sebelumnya, tim dari Pacitan telah mempelajari proses penyusunan aplikasi di tingkat Pemerintah Kabupaten Bantul, dan kini mereka berfokus pada tahapan implementasi di kalurahan


Lurah Kalurahan Sriharjo juga berharap kunjungan ini akan menjadi pembelajaran bersama. Dengan adanya aplikasi ini, data mengenai kesejahteraan sosial dapat disusun dengan lebih akurat dan sistematis. Tidak hanya di Sriharjo, nantinya semua wilayah di Indonesia bisa memiliki data kesejahteraan yang akurat, dengan proses pemeringkatan dari yang paling miskin hingga yang paling kaya. Data tersebut nantinya diharapkan dapat menjadi landasan yang kuat untuk penanggulangan kemiskinan secara nasional.

Proses implementasi aplikasi Sidamesra di Kalurahan Sriharjo telah berjalan dengan baik, dan progres yang dicapai diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain, khususnya dalam hal penanganan masalah kemiskinan secara berbasis data yang akurat dan terstruktur.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

SOMORATRI SRIHARJO

Profil Kalurahan Sriharjo

Pengumuman

SUGENG RAWUH WONTEN ING KALURAHAN SRIHARJO

Kalender

Komentar Terkini

Media Sosial

TwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License